Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

McLaren 720S Kembali Membuat Terobosan Aerodinamika, 0-100 Km/Jam di Bawah 3 Detik

Fransiscus Rosano - Jumat, 10 Maret 2017 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Geneva - Semenjak McLaren F1 hampir dua dekade lalu ke MP4-12C lima tahun silam, kemudian beranjak ke Super Series dan Sports Series, sulit untuk membedakan mana super car McLaren yang satu dengan yang lainnya.

Akhirnya memasuki generasi kedua Super Series setelah 650S diperkenalkan 2014 silam, inilah McLaren 720S tampil perdana di Geneva International Motor Show 2017.

Seperti dengan setiap bentuk 12C memiliki fungsi aerodinamika dan begitu pula pada setiap suksesornya, McLaren 720S pun begitu dengan setiap lekukan yang diusungnya.

No caption
No credit
No caption
720S lebih ringan 18 kg dibanding 650S dan mencontek beberapa trik aerodinamika dari hypercar P1

Mencari dimana intake radiator yang biasa ada di samping mobil? Fungsi ini digantikan oleh bentuk aerodimaika ‘double-skin’ dari pintu jenis dihedral ini, yang mengalirkan udara ke radiator bertemperatur tinggi ke mesin di tengah mobil.

Lampu depan yang unik itu? Yes, berlubang untuk mengalirkan udara ke radiator. Dari setiap perubahan aerodinamika yang diubahnya, efisiensi pendinginannya meningkat 15 persen.

Strukturnya senduri dibuat dari carbon fibre ‘tub’, sedangkan bagian atasnya disebut McLaren Monocage II. Membantu membuatnya lebih ringan adalah parts aluminium yang disebar di beberapa bagian sasis dan panel bodi.

McLaren juga menerapkan generasis terbaru dari Proactive Chassis Control II, yang terdiri dari suspensi baru dual wishbone di depan dan belakang serta adaptive damper independen. Digunakan juga electro-hydraulic steering, serta rem carbon ceramic dengan cakram berdiameter 390 mm di depan dan 380 mm di belakang.

No caption
No credit
No caption
Interior McLaren 720S tidak asing dari generasi sebelumnya dengan Central Infotainment Display dan potongan machined aluminium
No caption
No credit
No caption
Jok dilapis menggunakan bahan alcantara berkualitas tinggi, begitu juga dasbor dan door trim

Mengintip mesin berkonfigurasi mid-engine, masih digunakan mesin M480T seperti sebelumnya, namun kini mendapatkan 41 persen bagian yang baru bila dibandingkan mesin 3.8 L pada Sports Series.

Kapasitasnya 3.994 cc, dilengkapi twin-turbocharger sehingga menghasilkan angka yang sama dengan nama yang digunakannya, yaitu 720 PS (712 dk) dan torsi 770 Nm di 5.500 rpm. Sangat menarik perhatian tentu karena super car Inggris ini dapat menembus kecepatan 100 km/jam dari diam hanya dalam 2,9 detik saja!

Interior? Seperti pabrikan dari Italia, bahkan super car pun diberikan kenyamanan maksimal di balik sangarnya performa, misalnya dengan lapisan alcantara di sekujur dasbor dan jok, kemudian adanya kamera 360 derajat dan sound system premium Bowers & Wilkins.

Meski sistem hiburan kabin berbentuk tablet vertikal tak lagi asing di dalam sebuah McLaren, instrument cluster yang digunakannya sangat menarik. Disebut Folding Driver Display, instrument cluster ini dapat terlipat dan menunjukkan informasi yang penting saja pada mode tertentu agar menjaga fokus pengemudi ke jalanan.

McLaren 720S akan memulai delivery perdana di dunia pada bulan Mei 2017. Di Inggris, super car ini dibanderol mulai dari Rp 3,46 miliar (208.600 GBP).

No caption
No credit
No caption
Folding Driver Display dalam keadaan terbuka, menampilkan instrument cluster digital dengan informasi lengkap
Folding Driver Display dalam keadaan terlipat, menampilkan informasi seperlunya dalam mode tertentu agar pengemudi lebih fokus ke jalanan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa