Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

OTOMOTIF AWARD 2017, Giliran All New Hyundai Tucson Gemilang di Best of The Best SUV

Otomotif R4 - Jumat, 5 Mei 2017 | 19:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
SUV Best of The Best Giliran Tucson Yang Gemilang

Jakarta - Pada kategori tersengit OTOMOTIF Award 2017, yaitu SUV, All New Hyundai Tucson berhasil jadi yang terbaik dari yang terbaik. Sebanyak 26 SUV lainnya harus mengalah pada kontender dari Korea Selatan ini, sehingga All New Hyundai Tucson berhasil menyabet gelar Best of the Best SUV di OTOMOTIF Award 2017 ini.

Hal ini juga berarti All New Hyundai Tucson berhasil menyingkirkan tujuh kontender pemenang lainnya di kelas SUV, termasuk Honda HR-V 1.5, Honda BR-V, Honda HR-V 1.8, All New Nissan X-Trail 2.5, All New Chevrolet Trailblazer, All New BMW X1 hingga Jaguar F-Pace.

Tak ada yang ‘lebih buruk’ atau ‘lebih baik’ pada setiap pemenang sub-kategori di atas. Hanya saja, All New Hyundai Tucson muncul dengan nilai value for money lebih baik hingga terobosan lebih jauh untuk di kelasnya sehingga berhasil menyabet gelar Best of the Best pada OTOMOTIF Award tahun 2017 ini.

Di kelasnya saja, yaitu Medium SUV, All New Hyundai Tucson berhasil memenangkan pertarungan sengit dengan kompetitor New Mitsubishi Outlander Sport dan All New Nissan X-Trail 2.0.

Dengan total poin 19, Tucson generasi ketiga ini berhasil unggul 2 poin dari X-Trail dan 4 poin dari Outlander Sport dengan menjadi pemenang utama di parameter Style, Konsumsi dan Fitur yang diusungnya.

“Terima kasih kepada Tabloid OTOMOTIF atas penghargaan yang diberikan kepada Hyundai Mobil Indonesia (HMI) untuk All New Hyundai Tucson untuk Best of the Best SUV.  Ke depan, saya berharap bahwa OTOMOTIF Award akan terus berlanjut di masa yang akan datang dan akan semakin lebih baik lagi,” tutur Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT HMI.

Selain tampang tampan dari desain Fluidic Sculpture 2.0 yang kini jauh lebih dewasa dibanding generasi sebelumnya, fitur-fitur pada All New Tucson varian XG juga termasuk inovatif dan mengangkat nilai mewah di kelas Medium SUV yang memiliki range harga dari Rp 360 hingga Rp 430 jutaan.

Pertama dan paling mencolok adalah Panoramic Sunroof berukuran raksasa, yang membuat kabin terasa luas. Kemudian juga bagasi elektrik, sehingga paket yang didapat Tucson seperti menggabungkan apa yang diunggulkan X-Trail dan juga Outlander Sport.

Di balik kapnya, mesin Nu 2.0 D-CVVT 1.999 cc bertenaga 155 dk dan torsi 192 Nm juga terasa cekatan dan karakternya menyenangkan. Terutama bila mode Sport diaktifkan yang membuat responnya semakin cepat.

Hal ini tak lupa digabungkan dengan bodi Tucson yang berdimensi kompak, sehingga memberi rasa overall fun to drive untuk sebuah SUV yang masih digabungkan dengan kenyamanan yang diberikan jok empuknya dan jok belakang dengan kemampuan recline. Selamat untuk Tucson!  Sano/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Low SUV HR-V, Ketiga Kalinya

Low SUV
HR-V, Ketiga Kalinya

Tiga kali sudah, Honda HR-V 1.5 mendapat gelar berturut-turut. Kini pada kategori Low SUV, dua kali sebelumnya di Small SUV dengan kompetitor yang sama yaitu Nissan Juke. Tentu dengan desain jauh lebih segar dan segala fitur yang ditawarkan, bukan hal sulit bagi HR-V 1.5 untuk meraih gelar ini.

Menang dari Juke Revolt dalam aspek Style, Akomodasi, Fitur, Safety dan Performa, tentu dengan mudah HR-V memenangkan segmen entry level SUV. Dengan leg room dan head room yang jauh lebih luas, serta kapasitas bagasi yang terlampau lebih besar dengan Ultra Seat, konsep Man Maximum Machine Minimum HR-V berhasil mengalahkan Juke dengan desain funky-nya. 

No caption
No credit
No caption
HR-V, Ketiga Kalinya

Juga meski Juke telah dilengkapi tiga driving modes berbeda dan auto climate control, HR-V 1.5 sudah dilengkapi berbagai fitur seperti Electric Parking Brake (EPB) dengan Brake Hold, auto climate control dengan smart touch, paddle shift hingga Eco Assist menarik dengan ring yang dapat berubah warna.

No caption
No credit
No caption
Low SUV 7-Seater Sedikit Lagi BR-V Menang Telak

Low SUV 7-Seater
Sedikit Lagi BR-V Menang Telak

Bila bukan karena harga, Honda BR-V akan menang telak dengan skor sempurna pada semua aspek penilaian di kelas Low SUV 7-seater ini. Tentu ini sebuah easy win, mengingat kedua lawannya masih menggunakan basis yang sama semenjak hampir 1 dekade yang lalu.
 
Upaya untuk terus menyegarkan Daihatsu Terios dan Toyota Rush ternyata tidak membawa dampak sama sekali untuk menggeser digdaya BR-V. Dibanding keduanya, desain dengan gaya Solid Wing Face terlihat paling segar, hingga bahkan diadopsi keluarga besar barunya seperti CR-V dan Odyssey versi USDM.

No caption
No credit
No caption
Sedikit Lagi BR-V Menang Telak

Kemudian dari segi akomodasi dan kenyamanan, BR-V jadi satu-satunya SUV yang memberikan ruang baris ketiga yang proper dan masih membawa ketujuh penumpang atau sendiri dengan nyaman. Yup, bahkan dengan varian terbaru Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo yang mengandalkan dua jok baru dan per TRD-nya.

Lanjut lagi, mesin 3SZ-VE 1.5 L dari si kembar Rush-Terios pun sama sekali tak berkutik jika diadu mesin L15 dari BR-V yang sudah dipasang ke transmisi CVT. Lihat saja waktu akselerasi 0-100 km/jam yang selisihnya hampir mencapai 4 detik.

Masih lagi di soal fitur dengan head uni touch screen, AC digital dengan Nanoe, MID canggih dan fitur safety seperti Hill Start Assist membuat gap yang diciptakan BR-V dengan pesaingnya makin jauh. Masih heran mengapa BR-V memenangkan kelas ini dua tahun berturut-turut?

No caption
No credit
No caption
Small SUV HR-V Prestige Tak Tergeser

Small SUV
HR-V Prestige Tak Tergeser

Dengan nilai value for money ekstra-tinggi yang ditawarkan oleh Chevrolet Trax, kami kira kali ini Honda HR-V 1.8 Prestige akan tergeser dari throne Small SUV. Ternyata menilai dari 8 aspek penilaian standar OTOMOTIF Award, tahun ini masih berpihak kepada HR-V termahal.

Meski bisa dibilang hanya menang tipis, karena Trax dengan mesin 1.4 Turbo bertenaga 138 dk-nya berhasil mengungguli performa mesin 1.800 cc bertenaga serupa pada HR-V Prestige, namun tetap keunggulan Honda di segi Konsumsi, Akomodasi, Safety dan Fitur tetap tidak tergeser.

HR-V Prestige Tak Tergeser

Thanks to desain keseluruhan HR-V yang sama segarnya, karena Trax yang masuk bukanlah versi paling segar seperti model facelift yang belum OTOMOTIF tes. 
Juga Ultra Seat HR-V lagi-lagi membuatnya unggul, pun pula sekumpulan fitur yang menjelaskan perbedaan Rp 60 jutaan yang diusungnya.

Fitur HR-V tersebut termasuk lampu LED dengan DRL, panoramic sunroof, auto climate control dengan smart touch, EPB dengan Brake Hold, paddle shift hingga kamera mundur yang semuanya absen di Chevy Trax.  Juga meski keduanya telah dilengkapi 6 airbags, HR-V 1.8 Prestige masih dilengkapi Brake Override System yang membuatnya masih lebih aman. 

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa