Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Capacitor Bank untuk Winch, Listrik Anti-Ngedrop

Otomotif R4 - Selasa, 30 Mei 2017 | 13:24 WIB

Jakarta - Capacitor bank adalah alat penyimpan listrik, yang berguna menghasilkan arus listrik dengan stabil dan kapasitas besar. Biasanya dipakai oleh penggemar audio system. Lalu apa hubungannya dengan off-road? 
  
Rupanya, lewat sifat capacitor yang menghasilkan listrik besar dan stabil ini, membuka ide cemerlang Handito untuk digabungkan pada winch. “Sebab pemakaian listrik winch sangat besar,” ucap pria yang memasang cap bank di Jeep Cherokee miliknya. 

“Awalnya penasaran, karena kalau sampai ganti alternator yang ampere besar pasti mahal harganya, begitu juga dengan aki,” ucap Handito. Akan lebih murah kalau cukup beli capacitor bank.

Biasanya cap bank yang digunakan dengan spesifikasi input 0-50 Volt DC dan 2-10 Farad. Di pasaran banyak dijual cap bank dengan berbagai bentuk, ukuran, kapasitas (dalam satuan Farad) dan kualitas/harga jual. 

“Mulai dari yang versi KW sampai yang branded, dengan kapasitas 1-10 farad. Semakin besar Farad yang tercantum di produk, semakin besar pula listrik yang bisa disimpan dan dikeluarkan,” ucap Handito. * Rindra/otomotifnt.com
 

Kelebihan 

Kelebihannya tentu meringankan kerja dinamo ampere/altenator dan mesin, juga mempercepat pengisian aki, memperpanjang umur alat elektronik dan meningkatkan performa kelistrikan. 

“Karena sifatnya yang mampu menyimpan dan melepas listrik dengan cepat, maka tegangan/suplai listrik ke alat elektronik jadi lebih stabil,” jelas Handito.  Ini sangat dibutuhkan jip ekspedisi, sebab winch saat menarik beban berat bisa menyedot hingga 90 Ampere. “Tentu bakal menyiksa aki dan alternator,” jelas Toto Widyarto. 

Hasilnya ternyata cukup ampuh. “Edan performanya, cuma pakai 1 aki kering, altenator standar Jeep Cherokee, mesin standar, winch 8274 dengan dinamo 9.5 xp Warn. Winch disiksa 8 hari di trek berat off-road ekspedisi, nggak ngedrop sama sekali, narik terus dengan beban kendaraan beserta isinya yang lumayan berat, kelistrikan stabil, pokoknya sip banget,” sambung Toto.

Pendapat serupa juga dirasakan oleh Kusuma Bangsa, “Winch elektrik stabil, kemampuannya nggak ngedrop, biasanya setelah ngewinch berjam-jam, mesin susah di-starter. Sekarang starter mesin lebih gampang,” ucap Kusuma. 

Cara Pasang 

Instalasi cap bank untuk winch sebenarnya tidak sulit dan tidak butuh keahlian khusus. “Karena tinggal disambungkan di tengah kabel positif winch dari aki, sebelum listrik dari aki diterima oleh winch,” ucap Handito.
 
“Sebaiknya diberi sekering pemutus arus + dari aki menuju capacitor, jaga-jaga kalau terjadi korsleting. Dan sebisa mungkin jarak capacitor tidak terlalu jauh dari winch,” tambahnya. Yang perlu diperhatikan benar adalah peletakan capacitor, melihat kegunaan untuk off-road yang kemungkinan besar akan berendam di air. 

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa