Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Lampu Yamaha NMAX, HID Sampai LED Depan-Belakang Ada Nih!

Parwata - Rabu, 15 Februari 2017 | 06:50 WIB

Jakarta - Alat penerangan alias lampu sangat penting keberadaannya di motor. Jika nyalanya terang tentu kondisi jalan bisa terpantau maksimal, sehingga mengurangi resiko kecelakaan saat perjalanan malam. Makanya jangan heran banyak yang melakukan upgrade lampu.

Enggak hanya lampu utama untuk penerangan ke depan, lampu belakang yaitu rem dan sein di NMAX juga banyak yang diganti. Nah yang ini tujuannya untuk mendongkrak penampilan.
Apa saja pilihan lampu untuk NMAX dan berapa harganya? (Aant / Otomotifnet.com)

Autovision
Produsen lampu aftermarket Autovision menyediakan 3 pilihan lampu sekaligus berdasarkan jenis cahaya yang dihasilkan. Ada yang 5.000 kelvin sinarnya putih, 3.000 kelvin cenderung kuning yang cocok untuk menembus kabut, dan ketiga kombinasi, lampu pendek 5.000 kelvin sedang jauh 3.000 kelvin.

Lampu Autovision ini dijual hanya PCB dan kabelnya, jadi pemasangan mesti membongkar lampu asli untuk diganti. Jadi reflektor, rumah serta mika tetap pakai bawaan motor. Harganya kisaran Rp 600 ribu.

Kelebihan lainnya ternyata papan sirkuitnya terbuat dari aluminium atau heat sink agar lebih cepat melepas panas.  “Rangkaiannya juga kita buat lebih ringkas, namun mampu membuatnya 2 kali lebih terang dari headlamp standar,” promo Harry Fitriadi, Technical Support Officer, Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor Autovision Indonesia.

Autovision: 0228-7775050 / 021-29371186

HID Yonk Jaya
Buat yang mau tampil lebih eye catching sekaligus sinar lampu makin terang, bisa aplikasi lampu yang sudah dimodifikasi pakai proyektor HID lengkap dengan angel eye. Salah satu yang menyediakan adalah Yonk Jaya Motor, Bandung. “Siap pakai tinggal pasang,” terang Ko Yonk sambil bilang harganya Rp 2,975 juta.

LED Yonk Jaya
Bukan cuma proyektor HID, Yonk Jaya juga menyediakan versi proyektor pakai LED. “Yang ini lebih hemat listrik karena pakai LED,” promo Ko Yonk, pemilik Yonk Jaya Motor yang sebelumnya terkenal di balap namun sekarang sedang doyan main NMAX dan turing. Sampai lupa balap ya bos? Untuk versi LED harganya lebih hemat, hanya 2,35 juta.

Sign Lamp + Fog Lamp
Masih karya Yonk Jaya Motor, ada juga lampu sign lamp atau sein yang dimodifikasi ditambahkan fog lamp, yang tentu saja membantu penerangan. Dan fog lamp yang dipasang pun ada 2 macam, “Ada yang jenis sorot dan satu lagi disebut charger, yang kedua karakternya lebih fokus,” terang Ko Yonk.

Bicara harga, lampu yang nempel di sayap ini yang sorot Rp 1,35 juta sedang yang charger sedikit lebih mahal, Rp 1,45 juta.

Yonk Jaya Motor: 022-7271337/0812-2003-963

JPA LED Tube
Merek yang satu ini menyediakan lampu belakang, rem dan sein jadi satu bagian seperti bawaan motor, bedanya ini pakai LED tube. “Ketika menyala akan hidup masing-masing, jadi sein tetap di pinggir kendati kelihatannya menyatu,” terang Steven Layz dari Layz Motor yang menjual produk ini.

Lampu belakang NMAX JPA ini ada 2 versi, yaitu clear dan smoke. Yang pertama tentu mikanya tampak lebih terang dan bening, sedang yang kedua berkesan misterius karena gelap. Harga kedua jenis ini sama, Rp 1,1 juta.

“Pemasangan plug and play, dudukan dan soket kabelnya sama dengan aslinya,” lanjut Steven yang bermarkas di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar.   

Layz Motor: 0817-4838-353

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa