Usulan Mobil Rakyat Bebas PPnBM Ditanggapi Daihatsu, Disebut Harus Lebih Detil

Ferdian,Harun Rasyid - Jumat, 14 Januari 2022 | 23:00 WIB
Booth Daihatsu di GIIAS 2021
Wisnu/GridOto.com
Booth Daihatsu di GIIAS 2021

Otomotifnet.com - Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku masih bingung dengan wacana mobil rakyat Rp 250 juta yang diusulkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menurutnya, harga yang dimaksud dalam usulan mobil rakyat Rp 250 juta bebas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) harus lebih dipertegas.

"Ini harga yang mana, apakah harga on the road (OTR), harga off the road atau harga Desember 2021 yang tanpa PPnBM," ujar Amelia dalam konferensi pers virtual (13/1/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, usulan mobil rakyat bebas PPnBM dengan harga Rp 250 juta ini seharusnya berimbas merata pada setiap model yang dipasarkan oleh pabrikan.

"Setiap model ada banyak varian, antara yang atas dan bawah, kalau varian atas tidak bebas PPnBM itu nantinya bagaimana?," ucap Amelia.

Karena itu, ADM sedang mempertanyakan hal tersebut kepada GAIKINDO untuk kejelasan wacana mobil rakyat tersebut.

"Kami masih menunggu berbagai penjelasan yang lebih detil, tujuannya agar implementasi di lapangan bisa lebih jelas," kata Amelia.

Sebagai informasi, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menperin mengusulkan mobil rakyat dengan rentang harga penjualan Rp 250 juta dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 80 persen akan bebas PPnBM di 2022.

Sebab dari data Kemenperin, mobil baru dengan rentang harga Rp 250 juta telah menguasai segmen pasar sekitar 60 persen.

Karena itu Kemenperin menyebut, usulan mobil rakyat dapat menjaga kelangsungan industri otomotif dalam negeri di 2022 dan selanjutnya.

Baca Juga: Bukan All New Xenia Yang Laris Dijual Daihatsu, Malah Varian Ini


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa