Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Off-road Daihatsu Taft Rocky 1995, Gemar Semedi Di Bengkel

Parwata - Rabu, 29 Maret 2017 | 10:34 WIB

Jakarta - Sepintas tak banyak ubahan, dengan bumper dan ban 32 inci. Tapi butuh waktu 7 tahun lebih sampai jip ini keluar bengkel. Apa sebabnya?  

Cerita berawal pada 2009, saat itu Eko Yudanto mengirim Daihatsu Taft Rocky miliknya ke bengkel temannya untuk ganti mesin Toyota 1KZ-TE.

Minim pengalaman pada saat itu, akhirnya pemasangan mesin sempat tidak ideal. “Posisinya terlalu maju dan jauh dari firewall, jadi berimbas ke distribusi bobot,” jelas Tekoy, sapaan akrabnya. Akhirnya mesin pun direvisi dan memakan waktu hampir 2 tahun di bengkel, sampai benar-benar bisa jalan normal.

Sudah puas dengan mesin, Tekoy ingin tunggangannya lebih ganteng. Dan dikirimlah ke salah satu bengkel cat ternama di Jakarta. “Lagi-lagi, karena sudah kenal dekat dengan pemilik bengkel, kendaraan saya sering dinomor sekiankan, hehehe,” kenangnya sambil tertawa.

Berlanjut ke cerita semedi si Rocky di bengkel. Setelah 3 tahun berpisah di bengkel cat, lalu giliran kaki-kaki yang bikin enggak nyaman.

“Karena pasang mesin 1KZ lengkap dengan girboks. Kaki-kaki Toyota Hilux sekalian saja dipasang. Biar enggak ribet menyesuaikan posisi gardan,” jelas pria yang hobi bersepeda ini.

Namun Tekoy malah enggak betah dengan posisi bonggol gardan depan Hilux di Rocky, terlalu ke bawah karena menyesuaikan kaki independen Rocky. “Mending dikembalikan lagi ke gardan solid,” ucapnya.

Bukannya kembali ke gardan milik Taft, justru dia ingin ganti gardan lain. Akhirnya dia mendapat tawaran gardan milik Cherokee XJ. “Harganya cuma Rp 6 juta waktu itu, ya langsung saja ketimbang harus pakai Toyota,” tambahnya.

Sekarang, Taft Rocky berbekal mesin 1KZ dan gardan Cherokee sedang jadi racikan favorit oleh off-roader. Tekoy hanya bisa gigit jari, melihat kawan-kawan yang lain sudah menikmati Taft bermesin 1KZ dan gardan Toyota.
 
“Padahal, niat awalnya masuk bengkel, hanya karena kepingin punya jip 4x4 diesel dengan transmisi otomatis, malah jadi semedi bertahun-tahun, hehehe,” tutupnya. * (Rindra/otomotifnet.com)

Mesin
Tergiur ganti mesin 1KZ saat dapat half-cut lengkap kepala Toyota Hilux di tahun 2009, “Saat itu harganya cuma Rp 24 juta, dapat semua bagian kepala,” jelas Tekoy.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa