Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Kopling All New Suzuki Satria F150 Andalkan Milik TS Dan RG-R

Parwata - Kamis, 23 Maret 2017 | 08:16 WIB

Jakarta - Performa mesin All New Suzuki Satria F150 di kelasnya paling superior, mesin 150 cc dengan konstruksi DOHC 4 klep berpendingin cairan yang dipakai punya tenaga paling besar, dikombinasi bobot ringan tak heran akselerasi paling cepat dan top speed yang diraih paling tinggi.

Meski begitu, ada saja yang merasa belum puas dengan performanya. Sebut saja Andri, pemilik All New Satria F150 asal Pamulang, Tangsel. “Inginnya akselerasi lebih gesit dan atasnya juga lebih berisi terutama di gigi 6 biar enggak ngambang,” ujarnya.
 
Harapan itu diceritakan pada Kelly Nugroho, pemilik dealer Suzuki Aria Putra di Ciputat, Tangsel. “Gampang itu, upgrade saja bagian koplingnya (Gbr.1),” saran Kelly. Menurutnya ubahan ini ringan karena plug and play namun hasilnya dijamin memuaskan.

Kampas Dan Pelat Kopling

Upgrade kopling yang dilakukan ternyata dengan menukar kampas dan plat koplingnya. “Untuk kampas pakai milik Suzuki RG-R sedang plat punya Suzuki TS 125,” terang Yulius Vega, marketing Suzuki Aria Putra yang juga paham hal teknis dan suka ngoprek.

Penggunaan komponen milik saudara jauhnya ini tentu ada alasannya. “Kampas kopling RG-R punya bidang gesek yang lebih luas, sehingga lebih menggigit tentu bikin motor lebih responsif, aslinya kan sempit dan renggang (gbr.2),” terang Vega, sapaannya. Kode part-nya 21441-13A01-000.

“Sedang plat kopling TS 125 permukaannya ada bintik-bintik (gbr.3), gesekannya juga lebih bagus dibanding bawaan Satria yang polos,” imbuhnya. Kode partnya 21451-36200-000.

Dengan perpaduan kedua komponen ini, maka performa kopling saat menyalurkan tenaga dari kruk as ke rasio bisa lebih maksimal (gbr.4), karena gesekan jadi lebih kuat dan minim slip. Hasilnya akselerasi lebih cepat dan atasnya juga tetap kuat.

Berapa dana yang dibutuhkan? “Dijual paketan Rp 650 ribu berisi kampas RG-R 5 buah dan plat TS 125 4 buah,” terang Kelly. Untuk pemasangan menurutnya sekitar Rp 50 ribu. Mahal? Maklum kedua barang ini produk impor!

Mau ikutan merasakan khasiatnya? (Aant / Otomotifnet.com)

Suzuki Aria Putra: 0821-3453-6666/021-7419243

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa