Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Otomotifnet Tempuh 26 KM Dengan Sports Car Ini Tanpa Bensin Sama Sekali, Percaya?

Fransiscus Rosano - Selasa, 28 Maret 2017 | 12:55 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Otomotifnet menguji sports car Jerman terbaru dan ajaibnya, kami berhasil menempuh jarak 26 km tanpa bensin sama sekali. Percaya tidak?

Bukan sulap bukan sihir kok, karena yang Otomotifnet sedang uji adalah BMW i8, sports car berteknologi Plug-In Hybrid yang mulai dijual di Indonesia di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2016 silam.

Simpelnya, kendaraan plug-in hybrid memiliki kombinasi dua mesin, yaitu mesin bakar konvensional yang ditenagai bensin dan motor listrik yang ditenagai baterai. Bedanya dengan hybrid biasa, kapasitas baterainya jauh lebih besar sehingga bisa menempuh jarak yang cukup jauh dengan menggunakan motor listrik saja.

BMW i8 yang dijual di Indonesia memiliki spesifikasi kapasitas baterai 7,5 kWh. Asumsikan voltase baterainya 12 V, maka ada kira-kira 125 unit power bank standar anda di balik i8 ini.

Teorinya, baterai tersebut dapat mentenagai motor listrik bertenaga 129 dk dan bertorsi 250 Nm sejauh 37 km dengan kecepatan maksimal 120 km/jam, tanpa menyalakan mesin bensinnya sama sekali.

Saat Otomotifnet coba, kondisi mobil berada di mode eDRIVE sehingga hang digunakan hanya motor listrik dan baterai. Agar pemakaian climate control juga bertambah hemat, kami aktifkan mode ECO PRO di sepanjang jalan.

No caption
No credit
No caption
Status eDRIVE dan Trip Computer ketika mesin bensin akhirnya menyala

Hasilnya seperti yang dapat dilihat pada data di atas, jarak sejauh 26 km kami tempuh tanpa menggunakan bensin sama sekali. Kecepatan rata-rata yang kami tempuh adalah 24 km/jam dalam waktu 1 jam 10 menit. Meski berbeda 11 km dari klaim, tentu bisa mencapai jarak ini tanpa menggunakan setetes bensin sama sekali sudah tergolong luar biasa.

Sedangkan konsumsi baterainya sendiri tertera 16,1 kWh/100 km atau 6,2 km/kWh. Asumsinya rumah tempat anda menge-charge BMW i8 ini memiliki kapasitas listrik 900 VA, maka tarif menempuh per kilometer-nya hanya sekitar Rp 170 perak saja!

Tes ini kami tempuh dari German Center di BSD dengan status baterai 99 persen, mengitari Alam Sutera hingga berakhir di Bintaro dengan status baterai 5 persen sampai mesin bensin otomatis menyala setelah muncul notifikasi seperti di bawah.

Ketika kapasitas baterai sudah tak cukup lagi untuk pure electric drive, akan muncul notifikasi ini

Penasaran performa BMW i8 bila dikombinasikan dengan mesin bensin 1.5 L 3-silindernya? Tunggu artikel selanjutnya ya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa