Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Lengkap Suzuki Swift Generasi Keempat, Ada Mesin Boosterjet 1.000 cc Turbo

Fransiscus Rosano - Senin, 26 Desember 2016 | 21:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Terkuak bentuknya lewat bocoran brosur di Jepang, kini spesifikasi Suzuki Swift generasi keempat pun ikut terungkap berkat foto brosur dengan resolusi lebih tinggi. Nah dari yang tercantum, ada mesin Boosterjet 1.000 cc turbo loh seperti yang dipakai Baleno!

Sebelum membahas detail mengenai mesin, mulai dari yang lebih basic dulu ya. Secara dimensi, Suzuki Swift generasi keempat akan memiliki panjang 3.840 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.500 mm untuk model penggerak roda depan dan 1.525 mm untuk penggerak roda empat. Wheelbase atau jarak antar sumbu roda terpatok di 2.450 mm.

Dari data di atas, berarti Suzuki Swift generasi keempat ini lebih panjang 10 mm, lebih pendek 10 mm soal tinggi, lebar sama dan wheelbase-nya lebih panjang 20 mm bila dibandingkan generasi ketiganya atau Swift yang hingga kini masih dijual di Indonesia.

Data pada brosur juga mencantumkan berat kosong masing-masing variannya, berkisar dari 860 kg hingga 970 kg. Sedangkan radius putar 4,8 m berarti tidak berubah dibanding generasi sebelumnya.

No caption
No credit
No caption
Data yang bocor dari brosur versi Jepang menunjukkan spesifikasi lengkap mulai dari dimensi, klaim konsumsi bahan bakar, hingga mesin yang dipakai

Nah, bagaimana soal pilihan mesin?

Untuk Suzuki Swift generasi keempat, terdapat secara total 3 pilihan mesin yang ditempatkan pada 5 varian yang berbeda.

Pertama adalah Suzuki Swift varian XL, menggunakan mesin berkode K12C 4-silinder segaris berkapasitas 1.242 cc, memiliki 16 katup, DOHC, VVT, konfigurasi bore x stroke 73 mm x 74,2 mm dan rasio kompresi 12,5 : 1. Tenaga yang dihasilkan dipatok di 90 dk (91 ps) pada 6.000 rpm dan torsinya 118 Nm pada 4.400 rpm.

Swift varian XL tersebut dibagi menjadi dua tipe transmisi, manual 5 percepatan dan CVT. Sedangkan seperti khas hatchback yang dijual di Jepang lainnya, penggerak dibagi menjadi roda depan atau empat roda.

Kemudian varian Hybrid ML yang hanya tersedia dengan transmisi CVT, memasangkan mesin K12C yang sama seperti di atas, namun ketambahan motor listrik berkode WA05A yang memiliki tenaga 3,1 ps pada 1.000 rpm dan torsi 50 Nm yang muncul secara instan pada 100 rpm.

Varian RS memiliki spesifikasi mesin yang sama dengan varian XL M/T, sedangkan Hybrid RS sama dengan Hybrid ML.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa