Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Busyet, Balap Suzuka 8 Hours Sama Kaya Turing Jakarta Bali

Dimas Pradopo - Senin, 31 Juli 2017 | 16:57 WIB

Suzuka, Jepang - Ternyata selama 8 jam ngebut di Suzuka 8 Hours Endurance Race 2017 akhir pekan lalu (30/7), satu tim yang berisi tiga pembalap bisa menempuh jarah setara Jakarta - Bali.

Sebagai contoh, Satu Hati Honda Team Asia, dengan tiga pembalapnya Dimas Ekky Pratama dari Indonesia, Rattaphong Wilairot dari Thailand dan Zaqhwan Zaidi asal Malaysia mampu meraih total 211 lap dalam 8 jam 1 menit 50 detik.

Faktanya panjang Sirkuit Suzuka adalah 5,821 km. Jadi jika mampu menyelesaikan 211 lap total jarak tempuhnya adalah 1.228 km.

Ya.. kira-kira sama seperti jarak Jakarta-Bali. Itu pun hanya 1.182 km jika lewat pantura, Surabaya baru nyebrang ke Bali via Banyuwangi.

"Sedang Dimas Ekky sendiri masuk trek dalam 3 sesi, masing-masing sesi 27 lap jadi total 81 lap," ungkap Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding & Motorsports Departement PT Astra Honda Motor (AHM).

Dimas Ekky sudah membalap 81 lap kali 5,821 km atau setara dengan 471 km.

"Dimas kira-kira ya seperti turing Jakarta Semarang tapi full speed dan banyak tikungan," kekeh Anggono.

Tapi tentunya berbeda dengan turing karena kondisinya full konsentrasi di kecepatan tinggi. Stamina jadi faktor penting selama balapan.

Wajar jika jelang finish hampir semua pembalap catatan waktunya terkoreksi cukup banyak.

Selain fisik, kondisi balap di hari yang sudah mulai gelap tentunya mengurangi reflek pembalap saat riding. (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa