Toyota Land Cruiser FJ40 1981, Ganti Haluan

Jumat, 5 Mei 2017 | 19:54 WIB

Pokoknya harus nyaman dan andal untuk off-road

Jakarta - Hanya pesan itu yang disampaikan Kusuma Lienandjaja ketika menyerahkan penggarapan Toyota FJ40 yang dipinangnya dari Gresik 2009 silam, ke Bengkel D2 Motor.

Awalnya hanya ingin restorasi, mengembalikan kondisi FJ40 ini seperti keluar dari pabrik, untuk nostalgia masa lalu saat masih duduk di bangku sekolah. Kala itu Land Cruiser FJ40 jadi kendaraan kesehariannya.

Di tengah jalan, konsep awal itu spontan berubah setelah merasakan asyiknya diajak bermain off-road oleh rekan-rekan komunitas Jelajah Tanah Air (JELATA). Memang, akibat keseringan nongkrong di bengkel dan bermain off-road, Kusuma pun angkat tangan.

Dia terpaksa menyerah pada kenikmatan menaklukkan jalur tanah. Pria ramah ini pun akhirnya memutuskan untuk mengubah konsep restorasi FJ40-nya, jadi kendaraan siap off-road yang tangguh dan nyaman.

“Jip off-road bukan berarti menomorduakan estetika, saya ingin tampang asli FJ40 ini tetap terlihat,” ujar pria kelahiran Balikpapan, 52 tahun silam ini. Konsep kendaraan off-road tangguh, nyaman dan pun dieksekusi oleh Yusuf Ramadhan, punggawa D2 Motor dengan meminimalkan perubahan bentuk asli dari FJ40.

Sekilas memang tidak ada yang berubah dari bentuk asli FJ40, tapi jika diperhatikan lebih detail, dimensi fender roda terlihat lebih tinggi, perubahan yang signifikan hanya ada di keempat fender. “Terpaksa naik sekitar 5 cm supaya ban ukuran 35 inci bisa masuk dan tidak mengganggu artikulasi suspensi,” ujar pemuda berbobot minimalis ini. * Bimo SS/otomotifnet.com

Mesin

Mesin 2F bawaan tetap dipertahankan oleh Kusuma, Yusuf hanya melakukan peremajaan jeroan mesin, porting polish kepala silinder serta memasang noken as aftermarket dengan bukaan derajat lebih tinggi, serta distributor DUI saja. “Supaya tetap rasa FJ40, tapi lebih galak dikit,” ujar Kusuma

Kaki-kaki

Editor : Otomotif R4
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA