Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Detail Kaki-kaki All New Yamaha R15, Sekokoh Sport Bike 250 cc

Advertorial - Selasa, 27 Juni 2017 | 07:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bicara superbike feeling, Yamaha menyodorkan sensasi mengendara big bike pada All New R15 lewat rangka dan kaki-kaki kekar berotot. Paduan suspensi depan-belakang dan aplikasi pelek gambotnya sukses memberikan sensasi berkendara ala moge.

Yuk lihat detailnya!

Pertama adalah sasis, Yamaha tetap mempertahankan rangka deltabox yang lebih rigid. Lewat sasis ini distribusi bobotnya juga dirancang agar balance 50:50 antara depan dan belakang.

Suspensi depannya sudah upside down, satu-satunya sport bike 150 cc full fairing yang pakai suspensi ala moge nih! Diameternya cukup besar yaitu 37 mm.

Keunggulan pakai suspensi depan ini adalah minim bunyi ‘jedug’ atau bottoming. Selain itu, karena memiliki jarak main piston slider lebih panjang membuat redaman terhadap getaran lebih baik.

( BACA JUGA : Bongkar Up Side Down All New Yamaha R15, Kanan Kiri Beda Konstruksi, Apa Keunggulannya? )

No caption
No credit
No caption

Yang paling utama adalah manuver motor jadi lebih rigid dengan up side down. Tentunya karena konstruksi yang lebih besar dan kaku, efeknya manuver lebih presisi terutama di kecepatan tinggi.

Sedang yang belakang, monoshock-nya melekat pada swing arm aluminium yang didesain kekar tapi ringan. Pada lengan ayun ini juga, monoshock dipasang dengan link. Efeknya tentu saja getaran dari jalan tak rata bisa teredam dengan baik.

No caption
No credit
No caption
Suspensi belakang pakai link, getaran jadi bisa teredam dengan baik

Rodanya, ukurannya gagah banget! Ban lebar ini membuat area kontak dengan aspal makin luas, pantas saja handling-nya stabil. Depan pakai lebar 100/80-17 dan belakang 140/70-17.

Ban lebar itu dipasang pada pelek dengan tapak 2.50x17 di depan, sedang yang belakang 4.00x17 di belakang. Mantab kan!

( BACA JUGA : Seberapa Cepat Akselerasi dan Top Speed All New Yamaha R15? Temukan Jawabannya Di Sini )

Roda belakangnya lebar banget, persis motor sport 250 cc

Tapi jangan khawatir dengan performanya, meski pakai kaki-kaki besar ala motor sport 250 cc, performa mesinnya yang kini lebih besar jadi 155 cc dan mengusung Variable Valve Actuation (VVA) membuatnya tetap responsif dan hemat bahan bakar. (ADV)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa