Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda CBR250R Lawas Pakai Kaki-Kaki CBR250RR, Keren Kan?

Dimas Pradopo - Kamis, 15 Juni 2017 | 14:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - CBR250R pakai kaki-kaki CBR250RR, jadinya kaya gini. Keren juga!  Maruf asal Pekanbaru, Riau ini memang CBR mania. Setelah All New CBR250RR ditebus, CBR250R lama yang masih satu silinder langsung kena sentuhan modifikasi. “Iya sudah saatnya diremajakan,” bebernya pada motor keluaran 2011 silam ini.

Agar kembali muda belia, satu set kaki-kaki diganti yang masa kini. “Kaki-kaki pakai All New CBR250RR,” kekehnya sambil menyebut mahar Rp 15 juta buat menebus satu set lengkap dari sokbeker, swing arm sampai ban. 

No caption
No credit
No caption
Kaliper standar bawaan CBR250R lama, teknologinya C-ABS lebih expert

“Pasangnya juga enggak ribet, cuma butuh beberapa penyesuaian ringan saja,” beber Maruf yang juga punya CB500X di garasi rumahnya. Untuk pemasangan, Denoz Motor (DM) di Jl. Arifin Ahmad, Pekanbaru, Riau dapat tugas.

“Yang depan plug and play, langsung plek,” jelas Fauzi Zikri dari DM. Sedang yang belakang harus sedikit mengorbankan swing arm CBR250RR barunya. “Kena papas kanan-kiri masing-masing 2 sampai 3 mm biar bisa masuk rangka,” tuturnya.

No caption
No credit
No caption
Lampu depan pakai Projie, keren kan?

Ubahan lain adalah soal rantai, “Pakai swing arm CBR250RR jadi lebih panjang, rantai ganti yang lebih panjang,” yakin Fauzi yang tetap pasang perangkat Antilock Brake System (ABS) bawaan CBR250R lawas.

“Pemasangannya lebih mudah, kaliper sampai modulnya pakai yang lama. Hanya menyesuaikan dudukan sensornya saja,” beber pria ramah ini sambil menjelaskan jika rem ABS lama ini lebih canggih karena menggunakan teknologi C-ABS atau Combine ABS.

No caption
No credit
No caption
Swing arm CBR250RR harus dipapas kanan-kiri agar bisa masuk ke rangka standar CBR250R

Dengan C-ABS, ketika rem belakang diinjak, maka rem depan secara otomatis ikut bekerja menghentikan laju motor. Cirinya, kaliper depan pakai Nissin dengan 3 piston. Setelah kelar kaki-kaki, bodi ganti baru. “Full fiber dan pakai headlamp projie, biar beda dan kelihatan muda lagi,” sambung Maruf yang juga pentolan Riau CBR Club ini.

Sedang warnanya, pilih biru muda yang segar, sesegar mesinnya yang juga diremajakan dengan penggantian beberapa part agar kembali ngacir. “Kilometernya sudah banyak ini motor,” curhatnya tentang alasan harus meremajakan mesin. Jadi masih dipakai turing gak nih? Popo/otomotifnet.com

Bodi full set baru, semua dari fiber

Plus: Inspirasi modifikasi kaki-kaki pakai copotan CBR250RR
Minus: Sayang perangkat lalu lintas banyak yang tak terpasang

Data Modifikasi 
Suspensi depan : CBR250RR
Pelek :  CBR250RR
Setang : CBR250RR
Swing arm : CBR250RR
Gas spontan : CLD
Lampu depan projector
Frame sliding : Bikers
Engine cover : Bikers
Knalpot : CLD
ECU : aRacer
Rantai : SSS
Denoz Motor : 081387612346

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa