Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sembarang Pakai, Ini Cara Aktifkan Launch Control di BMW 330i M Sport

Fransiscus Rosano - Selasa, 17 Mei 2016 | 07:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Memiliki tenaga, apalagi torsi maksimum yang besar memang cara yang absolut untuk membuat mobil melaju cepat. Namun bila pemakaian tidak dibuat efektif, kelebihan tenaga dan torsi tersebut pun akan terbuang percuma saat start, menyebabkan waktu dari 0 hingga ke 60 atau 100 km/jam tidak optimal.

Begitu halnya dengan BMW 330i yang baru disegarkan di GIIAS 2015 kemarin. Dengan tenaga maksimum 252 dk yang bisa diperoleh di 5.200 - 6.500 rpm dan torsi gambot 350 Nm yang dihasilkan dari twinscroll turbocharger-nya, this saloon is definetely not a slouch.

Namun tanpa traction control yang memadai, seperti sistem Dynamic Traction Control yang disediakan BMW, tenaga tersebut hanya akan diterjemahkan menjadi putaran ban di tempat hingga berasap.

Bahkan dengan traction control yang sophisticated tersebut, kehilangan traksi pun kerap terjadi. Di sinilah Launch Control ambil alih.

Biasa hadir di mobil-mobil berperforma tinggi untuk memaksimalkan waktu start, BMW menyediakan fitur ini untuk kebanyakan mobilnya dengan tambahan M Sport. Begitu pun di BMW 330i M Sport LCI (Life Cycle Inclusive) yang memiliki fitur ini.

Meski mampu menembus 6 detik untuk mencapai 100 km/jam dari diam, waktu ini tidak bisa sembarang dicapai. Dengan mengaktifkan Launch Control, angka tersebut akan lebih mudah diraih.

Namun tidak ada tombol "Launch" seperti pada Ferrari atau Porsche, sehingga kebanyakan pun tidak pernah tahu mereka memiliki fitur ini. Mau tahu caranya? Cek di bawah ini ya:

No caption
No credit
No caption
Masukkan mode berkendara (Driving Experience Control) ke mode Sport+ dengan menekan tombol "Sport" di konsol tengah. Dengan masuk ke mode ini, DSC (Dynamic Stability Control) akan otomatis aktif.
No caption
No credit
No caption
Geser tuas transmisi elektronik ke D, lalu geser ke kiri untuk memasukkan ke S+/-
No caption
No credit
No caption
Bila status di MID sudah menunjukkan "S1" dan "Sport+", Launch Control sudah siap diaktifkan
No caption
No credit
No caption
Injak dan tahan pedal rem dengan kaki kiri, lalu injak pedal gas dengan kaki kanan sampai jarum di takometer tertahan di sekitar 2 ribu hingga 3 ribu rpm
Lepas pedal rem sambil terus injak pedal gas, maka akan muncul notifikasi "Launch Control Active" dan mobil akan meluncur tanpa kehilangan traksi sama sekali. Gigi pun akan otomatis berpindah ketika mencapai rpm maksimum, berbeda dengan kasus bila Launch Control tidak aktif karena gigi akan mentok di rpm tertinggi hingga stall

Metode ini juga dapat digunakan di beberapa varian BMW non-M lainnya seperti 340i M Sport, X4 xDrive28i M Sport, X6 xDrive35i M Sport dan beberapa lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu caranya, jangan sembarang dipakai di jalanan yaa...
 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa